Majalahunik.com

Tabloidunik.com

eDetik.com

Indotips.info

Beritaunik.info

Posted by Aneka Tips - - 0 komentar

Artikel praktis ini aku tulis hanya berdasarkan pengalaman dan dari referensi baca-baca.. Tapi pernah aku lakukan dan terbukti berhasil. Itu kalo dilakukan dengan disiplin. Jika enggak dilakukan ternyata bobotnya turun lagi.. hehe :-D…. makanya mo aku sharing tips2 berikut yang aku tau dan aku percayai ini.

Kebanyakan masalah berat badan yg ngepop selama ini badan adalah "gimana menurunkan berat badan?". Berbagai media banyak menampilkan topik ini.. Sebaliknya Cara menambah bobot cukup langka ditemui di mana2…..Sepertinya Jelas karena masalah kelebihan berat badan lebih populer dan lebih banyak penderitanya…..
So yang kurus2, simak tulisan ini

Tentu kita mengetahui bahwa : Tiap Orang berbeda2. Ada yg makan dikit langsung endut, ada yang makan banyak susah gede2 (misalnya kayak aku)..Itu karena metabolisme tubuhnya macem2.. (bener gak istilah ini?) Tergantung settingan awal dari Allah SWT..
Yah, memang pada dasarnya semua orang harus mensyukuri keadaannya.. Kalo gitu kenapa harus melakukan misi ini? Kenapa perlu mencapai bobot tubuh ideal?
Mungkin hal yang bisa jadi alasan utamanya yaitu: bobot ideal berhubungan dengan kesehatan (itu yg pernah aku baca), pengaruh juga ke daya tahan, stamina, dll. Nah penting khan? Sedangkan alasan lain : bobot ideal dari sisi penampilan juga lebih enak dipandang, kalo kata orang lebih sexy gitu.. huehehehe..
Pokoknya berusaha untuk menjadi lebih baik toh tak ada salahnya, asal dikerjakan dengan enjoy, enggak berlebihan dan ga ngoyo.
Modal awal yg dibutuhkan adalah: niat, motivasi, sedikit waktu dan uang (yeah, sayangnya tentu aja..kudu bondo).
Bagi si kurus, berikut ini tips nya untuk menambar berat badan dan menggemukkan badan:

1. Makan…Makan..Makan….Makan lebih sering dari biasanya

Jelas aja, tips pertama ini tentu nggelethek, tapi ini penting, dan bukan asal banyak makan, tetapi harus menuruti aturan berikut:
Terjadwal dan konsisten….hindari telat makan..tetapkan program diet dengan jadwal yang tetap…dan lakukan dengan disiplin dan konsisten.Ini membutuhkan komitmen dari diri sendiri.. So tergantung motivasi anda, mau sexy gak??
Rumus kunci menambah bobot tubuh secara simple seperti ini :
Kalori yang masuk > kalori yg keluar
So sesuaikan dengan aktifitas, Jika anda banyak gerak (kecapekan olahraga, dll), makanlah lebih banyak lagi dari biasanya….. Kalo porsi makan anda tetep..Dijamin tekor, defisit dan body mu bakal tambah kering!
Kalo bisa, cobalah, misalnya makan 5x sehari…wuik banyak amat!..tapi gpp tiap makan gak usah banyak2 asal lebih sering, itu lebih baik, karena diolah dengan lebih baik oleh tubuh, daripada makan 2x sehari tapi sampe nunggu laper tak tertahankan, lalu makan buanyak2 dengan brutal..hindari kayak gitu.
Tentu aja tidak semua orang bisa makan sesering ini.. Misalnya orang sibuk, anak kuliah sibuk dan anak kost yang sibuk. Ato pas lagi puasa

2. Makan Bergizi..4 sehat 5 sempurna..

Perhatikan protein dan karbohidrat yg masuk.. Karbohidrat adalah sumber tenaga untuk aktifitas sehari2.. Protein selain sebagai sumber tenaga juga sebagai pembangun jaringan. So kenapa binaragawan suka makanan tinggi protein? Soalnya karena protein adalah pembentuk massa otot..biar gede.. Nah mari kita mulai menambah porsi protein pada menu kita. Tentu aja tetep 4 sehat 5 sempurna.
Untuk karbohidrat, sumbernya antara lain adalah : nasi, kentang, pisang, dll
Sedangkan sumber protein tinggi adalah daging dada ayam, putih telor, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tahu dan produk kedele-based lain.
Ngemil juga bikin gendut..tapi ngemilnya yg bergizi, Jadi mulai sekarang kalo beli makanan ato jajan ato cemilan mulailah ngelirik informasi nilai gizi (nutrition facts)….Salah satu cara mengetahui makanan itu bergizi ato enggak adalah liat nutrition facts di bungkusnya..

3. Ingat kata si Piko: "Jangan lupa minum susu…mmmhooh"

Itu merupakan salah satu dari sekian banyak kata2 bijak dari serial si Komo. Camkan dari dalam hati..Lakukan sehari-hari.. Sebagian orang emang tidak bisa mencerna susu dengan baik (alergi susu?), ciri2nya kalo minum susu perut langsung krucuk2.. dan… mencret.
Jadi minumlah susu 2 kali sehari.. Syukur2 kalo pas ada rejeki bisa beli susu premium "penggendut", misalnya L-Men Gain Mass, Appeton Weight Gain, Muscle Juice, dll..Tapi kalo sering2 ya bokek, kalo ga ada duit, bisa2 anggaran buat makan sehari-hari malah terkuras buat beli susu.. walah jangan!…. So kalo lagi bokek, bisa minum susu low end, susu bantal ato beli susu curah..Asal jangan susu basi..huehehehe..

4. Olahraga Teratur..

Ini penting..banyak makan ga olahraga:maka hasilnya kalo ga perut jemblung (buncit) ya pipi nyempluk doang, tapi dada dan lengan tetep tipis.. gak mau khan? Makanya olahraga..
Kalo mau extrim gedein badan..olahraga yg cocok adalah:angkat beban.. bisa ikutan fitness di gym, kemahalan? beli dumbell dan angkat2 sendiri di rumah? Mau yang gratis?? Push up, sit up, angkat2 barang, gelantungan di kusen, dll masih banyak lagi.. banyak cara.
Setauku se olahraga yg nguras resource energi (yg bikin ngos2an).. kayak renang, lari, tenes, marathon, basket, futsal, lari gawang, balapan F1 (halah).. potensial menurunkan bobot..Tapi meskipun begitu sangat bagus bagi tubuh! so jangan lantas dihindari, lakukan aja….. triknya sebelum dan seabis olahraga beginian, makan yg buanyak….
Kalo gak salah tipsnya gini: Sebelum olahraga berat, makan karbohidrat yg banyak untuk sumber tenaga…..setelah makan jangan segera langsung olahraga, ntar suduk'en.. kasih jeda 1 jam an. Stelah jeda waktu agak lama (1 jam an), makan yang banyak & bergizi sebagai pengganti kalori yang hilang. Kalo abis olahraga angkat beban, makanan yang mengandung protein tinggi akan merangsang pembentukan otot. Makanya otot yang tadi dilatih bisa jadi gede.

5. Istirahat teratur, jangan begadang….

Kembali ke poin 1..Semua harus terjadwal teratur…Aktifitas berlebih harus diimbangin dengan istirahat juga.. Dan.. Begadang tidak baik..Percaya deh..Rhoma Irama juga bilang gitu..

6. Jangan stress..

stress bikin tambah kurus? bisa aja kalo pas stress bikin ga nafsu makan.. Tapi ada juga se yg stress tambah banyak ngemil.. Jadi stress malah bikin ndut. Pokoknya yang penting usahakan jangan stress aja (soalnya secara umum ga baik untuk kesehatan)

7.Jangan merokok..

Mengapa? Karena duit bwat merokok mending dipake buat beli susu ato beli ayam goreng..biar bobot cepet naik..wakakak..

Kesimpulannya, nambah bobot butuh perjuangan dan juga bondo….. (anggaran bwat beli makanan lebih itu)
Juga susah dilakukan bagi orang2 kurus yg sibuk dan sering begadang….Tapi tips2 diatas adalah idealnya..Walaupun belum dilakukan semuanya secara sempurna, Setidaknya bisa dicoba dimulai lah…..

Smentara sgitu dulu yang aku inget.. Selamat mencoba.. Aku sendiri masih kurus gini.. hehe.. masih berusaha nambah bobot neh..ayo berjuang bersama!..

nb.Aku ini bukan mahasiswa kedokteran bukan juga ahli gizi, maka bisa aja yg aku tulis diatas ada yg salah kaprah.. Kalo udah gitu koreksi dong..jangan khawatir tapi sejauh ini aman kok (sepertinya)..hihi

Leave a Reply