Majalahunik.com

Tabloidunik.com

eDetik.com

Indotips.info

Beritaunik.info

Posted by Aneka Tips - - 0 komentar

Tips Mengiris Bawang Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Tips Kesehatan, Jakarta - Pernahkah anda menangis saat sedang membantu ibu mengiris bawang? Saat mengiris bawang merah atau bawah bombay orang cenderung mengeluarkan air mata. Mengapa bisa begitu?

Ternyata penyebabnya adalah minyak dalam bawang yang banyak mengandung zat sulfur. Zat itu menguap dengan sangat cepat. Jadi, saat bawang diiris, minyak dan sulfur berubah menjadi gas dengan sangat cepat. Gas itu mengenai mata dan rasanya sangat perih sehingga memicu keluarnya air mata.

Sebenarnya menangis itu juga bermanfaat. Saat menangis, air mata akan keluar dan akan membersihkan bakteri yang menempel di sekitar mata. Jika tidak dibersihkan, bakteri yang menempel di sekitar mata nantinya bisa menimbulkan penyakit. Tapi jika anda sebel dengan air mata yang mengucur saat mengiris bawang, cobalah tips-tips berikut:

Tips 1
Bawang yang akan diiris disimpan dulu di dalam kulkas, sampai bawang menjadi dingin. Dalam kondisi dingin, maka reaksi akan berjalan lebih lambat.

Tips 2
Pada saat mengiris bawang, potong saja bawang di bawah aliran air, sehingga minyak dan sulfurnya mengalir bersama air dan tidak mengenai mata kalian.

Tips 3
  • Cukup sediakan sekotak kecil korek api batangan, jangan yang otomatis!
  • Kemudian patahkan bagian hitam yang ada di ujungnya
  • Gigit batang korek api mulai dari proses pengupasan sampai pengirisan
Tips 4
Nyalakan lilin dan taruhlah di dekat talenan yg digunakan mengiris bawang. atau taruh lilin di area dekat kita mengupas bawang. Konon api lilin itu menghisap gas yg dikeluarkan oleh bawang

Leave a Reply