Majalahunik.com

Tabloidunik.com

eDetik.com

Indotips.info

Beritaunik.info

Posted by Aneka Tips - - 0 komentar

Berbagai produk perawatan rambut modern kini mudah diperoleh di pasaran. Meski demikian, bukan berarti perawatan rambut ala tradisional tak dilirik lagi. Selain bahannya mudah didapat, khasiatnya pun tak kalah jitu asal dilakukan teratur. Malah, tak seperti produk buatan pabrik, efek negatifnya justru nyaris tak ada. Air teh basi atau buah mengkudu, misalnya, bisa jadi alternatif bahan perawatan rambut.
  • 1. Teh
Teh basi sejak dulu dikenal dapat menjaga kesehatan rambut. Buat seduhan teh, baik dari teh tubruk atau pun teh celup (instan). Biarkan semalaman. Keramasi dulu rambut sampai bersih, lalu siram teh basi di kepala. Biarkan sesaat sebelum dibilas.
Khasiat teh ini bermacam-macam , tergantung dari jenisnya.
• Jasmine tea (teh melati)
Konon meningkatkan kilau rambut. Selain baik untuk rambut yang hitam alami, juga cocok untuk rambut beruban ataupun yang dicat.
• Mint Tea
Khasiat daun mint yang terdapat dalam teh ini dapat menghilangkan ketombe ataupun rasa gatal-gatal pada kulit kepala.
  • 2. Mengkudu
Mengkudu yang selama ini dikonsum untuk kesehatan tubuh, ternyata juga berkhasiat untuk rambut. Selain mencegah kerontokan, mengkudu dapat menghaluskan dan melembutkan tekstur rambut. Pilih mengkudu yang matang, hancurkan atau blender secara kasar. Kemudian campurkan dengan kuning telur bebek, aduk rata sehingga menyerupai masker. Lumurkan ramuan ini pada rambut yang telah dikeramas. Biarkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih.

Leave a Reply